Kabag Organisasi: “Kami siap mendampingi!”

Kepala Bagian Organisasi Setdakot Balikpapan, Ani Mufaidah, menyatakan komitmen kesiapan untuk memandu dan mendampingi unit-unit pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan dalam pelaksanaan survei kepuasan masyarakt secara mandiri. Hal tersebut disampaikan Ani kala menjadi narasumber dalam acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah Kota Balikpapan Tahun 2019 yang digelar Selasa (25/6) lalu di Ballroom Novotel Hotel Balikpapan.

“Sesuai amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, setiap unit penyelenggara pelayanan publik diminta melakukan survei kepuasan masyarat (pengguna layanan) sebagai cara untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja pelayanan publiknya. Survei kepuasan masyarakat juga menjadi bagian dari bentuk partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran pelayanan publik. Sedangkan untuk teknis pelaksanaanya kita berpedoman pada Permenpan  dan RB Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat pada Unit Penyelenggara Pelayanan,” ujar Ani.

Lebih lanjut Ani menjelaskan bahwa selama ini Bagian Organisasi Setdakot, selaku unit kerja yang diberi tugas untuk pembinaan pelayanan publik, secara berkala telah melaksanakan survei kepuasan masyarakat terhadap unit-unit pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

“Untuk tahun tahun 2018, kami melakukan survei terhadap 89 unit pelayanan publik dengan melibatkan 14.380 responden. Sedangkan untuk tahun 2019 akan melibatkan 17 ribu orang responden. Unit pelayanan kesehatan yang akan kami survei meliputi seluruh puskesmas, RSIA Sayang Ibu, RSUD Beriman, dan UPTD Laboratorium Kesehatan. Untuk masa survei akan dilaksanakan selama bulan Juli-Agustus ini,” lanjutnya.

“Kami sangat mendorong agar masing-masing UPP dapat melaksanakan survei kepuasan masyarakat ini secara mandiri, sehingga nantinya kami hanya menjadi pelapis saja. Semakin sering atau semakin banyak diukur tingkat kepuasan masyarakat pengguna layanan maka semakin baik karena dampaknya upaya perbaikan dan penanganan masalah dalam penyelenggaraan pelayanan untuk peningkatan kualitas pelayanan dapat lebih cepat dilakukan dan tepat sasaran. Silakan nanti berkoordinasi saja dengan kami di Bagian Organisasi untuk teknis pelaksanaan survei ini, kami siap memberikan bimbingan dan mendamping,” ujarnya. (org/nov)