41 PENGHARGAAN DIBERIKAN KEPADA 29 UPP DI LINGKUNGAN PEMKOT BALIKPAPAN

Dalam rangka pembinaan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Unit-Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, dan sesuai dengan UU Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, maka pagi tadi Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi memberikan penghargaan kepada 29 UPP terbaik bersamaan dengan upacara gabungan Korpri di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Para UPP yang menerima penghargaan ialah sebagai berikut:

 

1. RSUD BERIMAN BALIKPAPAN

-          Meraih predikat Pelayanan Prima Dalam Penilaian Role Model Pelayanan Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Tahun 2018

-          Terbaik I Pengelolaan Pengaduan Publik melalui Aplikasi SITANGGAP

-          Terbaik II Situs Web Terbaik Perangkat Daerah

-          Terbaik II Pengelolaan Ruang Laktasi di Instansi Pemerintah

-          Terbaik III Kebersihan Lingkungan Kerja/Kantor Kategori Perangkat Daerah

2. DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU

-          Meraih predikat Sangat Baik dalam Penilaian Role Model Pelayanan Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Tahun 2018

-          Terbaik I Tata Kelola Kearsipan Kategori Perangkat Daerah

-          Terbaik I Pengelolaan Ruang Laktasi di Instansi Pemerintah

-          Terbaik II Pengelolaan Pengaduan Publik melalui Aplikasi SITANGGAP

3. DINAS KETENAGAKERJAAN

-          Terbaik I Situs Web Terbaik Perangkat Daerah

-          Terbaik I Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu

4. KECAMATAN BALIKPAPAN KOTA

-          Terbaik I Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan sesuai UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Kategori Kecamatan

-          Terbaik II Tata Kelola Kearsipan Kategori Perangkat Daerah

5. DINAS PERHUBUNGAN

-          Terbaik II Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu

-          Terbaik III Pengelolaan Pengaduan Publik melalui Aplikasi SITANGGAP

6. DINAS KOPERASI UMKM DAN PERINDUSTRIAN

-          Terbaik II Kebersihan Lingkungan Kerja/Kantor Kategori Perangkat Daerah

-          Terbaik III Tata Kelola Kearsipan Kategori Perangkat Daerah

7. SEKRETARIAT DAERAH

-          Terbaik III Situs Web Perangkat Daerah

-          Terbaik III Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu

8. BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

-          Terbaik I Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2017 Nilai 87,74 / A

9. DINAS KESEHATAN

-          Terbaik II Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Tahun 2017 Nilai 84,60 / A

10. DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA

-          Terbaik III Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Tahun 2017 Nilai 75,92 / BB

11. RSKB SAYANG IBU BALIKPAPAN

-          Meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI

12. DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP

-          Terbaik I Kepatuhan Standar Pelayanan sesuai UU Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Kategori Dinas/Badan

13. KELURAHAN DAMAI BARU

-          Terbaik I Kepatuhan Standar Pelayanan sesuai UU Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Kategori Kelurahan

14. PUSKESMAS MEKAR SARI

-          Terbaik I Kepatuhan Standar Pelayanan sesuai UU Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Kategori Puskesmas

15. UPTD PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR

-          Terbaik I Kepatuhan Standar Pelayanan sesuai UU Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Kategori UPTD

16. BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

-          Terbaik I Kebersihan Lingkungan Kerja/Kantor Kategori Perangkat Daerah

17. KELURAHAN SUMBER REJO

-          Terbaik I Kebersihan Lingkungan Kerja/Kantor Kategori Kelurahan/Puskesmas/Bagian

18. PUSKESMAS SEPINGGAN BARU

-          Terbaik II Kebersihan Lingkungan Kerja/kantor Kategori Kelurahan/Puskesmas/Bagian

19. BAGIAN ORGANISASI

-          Terbaik III Kebersihan Lingkungan Kerja/kantor Kategori Kelurahan/Puskesmas/Bagian

20. KELURAHAN SEPINGGAN

-          Keluerahan Terbaik Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2018

21. KELURAHAN TERITIP

-          Kelurahan Terbaik II Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2018

22. KELURAHAN KARANG JOANG

-          Kelurahan Terbaik III Tingkat Kota Balikpapan tahun 2018

23. KELURAHAN PRAPATAN

-          Terbaik I Tata Kelola Kearsipan Kategori Kelurahan

24. KELURAHAN KARANG REJO

-          Terbaik II Tata Kelola Kearsipan Kategori Kelurahan

25. KELURAHAN MUARA RAPAK

-          Terbaik III Tata Kelola Kearsipan Kategori Kelurahan

26. PUSKESMAS BARU TENGAH

-          Terbaik III Pengelolaan Ruang Laktasi di Instansi Pemerintah

27. SD NEGERI OO# BALIKPAPAN KOTA

-          Terbaik I Kebersihan Lingkungan Kerja/Kantor Kategori Sekolah

28. SMP NEGERI 12

-          Terbaik II Kebersihan Lingkungan Kerja/Kantor Kategori Sekolah

29. SMP NEGERI 3

-          Terbaik III Kebersihan Lingkungan Kerja/Kantor kategori Sekolah

Penghargaan yang sudah menjadi agenda tahunan yang dimulai sejak tahun lalu bermaksud dan bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi unit-unit penyelenggara pelayanan. Baik itu Perangkat Daerah, Kelurahan, Puskesmas dan sekolah yang telah memberikan pelayanan yang terbaik untuk publik, baik itu publik internal maupun eksternal. Hal ini membuktikan bahwa kinerja mereka terus dipantau dan dievaluasi oleh pimpinan. Apabila dinilai baik, maka sudah sepatutnya mendapat reward. Selain itu, penghargaan yang diberikan tersebut diharapkan bisa menjadi pemicu untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanannya dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Atas penghargaan tersebut, Wali Kota mengucapkan terima kasih karena telah melaksanakan pekerjaan dengan baik dan berharap dengan diberikannya penghargaan tersebut dapat memotivasi seluruh OPD dan UPP untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan serta menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan memenuhi standar kelayakan. Karena, kenyamanan dan pelayanan publik yang baik, selain untuk memenuhi hak masyarakat, juga merupakan bagian dari upaya kita dalam meningkatkan daya saing daerah. (HumasPro)